Menambang atau mining bitcoin

Menambang atau mining bitcoin

Menambang atau mining bitcoin

Seperti halnya emas asli yang dapat diperoleh dengan cara di tambang bitcoin juga dapat di peroleh dengan cara di tambang.
Dengan komputer yang canggih kamu dapat menambang bitcoin. Setiap kali kamu dapat menyelesaikan soal matematika untuk memproses transaksi bitcoin maka kamu akan di hadiahi bitcoin oleh sistem.
Jumlah bitcoin yang bisa di tambang adalah sebanyak 21 juta BTC ( Bitcoin ) dan sampai saat ini di perkirakan sudah mencapai angka 17 juta BTC yang telah berhasil di tambang.
Jadi jika sudah mencapai angka 21 juta bitcoin yang telah di tambang maka para miner atau penambang harus berhenti menambang bitcoin karena mereka tidak akan dihadiahi bitcoin lagi setelah mereka manambang.
Dan di perkirakan angka tersebut akan tercapai pada tahun 2140 ( sumber data : techinasia.com )
Lalu bagaimana cara menambangnya ?

Cara Menambang bitcoin

Untuk menambang bitcoin ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan mulai dari perangkat perangkat yang dibutuhkan untuk mining bitcoin dll. Untuk lebih jelasnya tentang hal hal yang harus kamu siapkan silahkan baca penjelasan berikut :
1. Wallet BitCoin
Wallet bitcoin berguna untuk menampung bitcoin yang akan kamu dapatkan nantinya. Ada banyak perusahaan yang telah menyediakan wallet bitcoin dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Beberapa di antaranya yaitu :
  1. Bitcoin.co.id
  2. Blockchain
  3. Xapo
  4. Coinbase
  5. Bitx
2. Komputer atau Laptop
 
Pc atau laptop digunakan tempat untuk melakukan pertambangan bitcoin. Dibutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang tinggi untuk menambang bitcoin. Karena proses penambangan akan memakan sumber daya laptop atau komputer dengan presentase yang cukup besar.
Untuk berapa spesifikasi minimal belum ada acuan yang pasti tapi sangat disarankan untuk menggunakan komputer atau laptop dengan processor AMD Kenapa ?
Karena processor AMD memiliki sistem yang memfokuskan kemampuan processor tersebut kepada program utama yang sedang di buka jadi akan membuat kamputer atau laptop tidak hang jika melakukan kegiatan mining bitcoin.
 
3. Software Pertambangan atau Miner Software
 
Software pertambangan atau miner software berguna sebagai alat sekaligus tempat untuk melakukan mining bitcoin. Ada beberapa software mining bitcoin yang telah tersedia Beberapa di antaranya :
  1. Bitcoin Miner
  2. BTC Miner
  3. CGMiner
  4. BFG Miner
  5. GUI Miner
4. Kartu Grafis
 
Kartu grafis berguna untuk memecahkan kode enksrpsi. Gunakanlah kartu grafis dengan kemampuan yang bagus seperti NVIDA atau AMD
5. Pool Mining
 
Pool Mining berguna untuk membuat kamu bisa bergabung dengan para miner lainnya sehingga kamu dapat melakukan mining dengan cara memecahkan algoritma bersama dengan miners lainnya.
6. Pendingin
 
Pendingin berguna untuk mendinginkan komputer atau laptop yang kepanasan akibat kegiatan mining bitcoin. Adapun pendinginnya bisa berupa kipas angin atau kipas manual.
7. Hardware Monitoring
 
Hardware monitoring berguna untuk memonitor suhu laptop atau komputer karena laptop atau komputer yang kamu gunakan dapat mencapai suhu yang sangat tinggi akibat kegiatan mining bitcoin.
Dengan menggunakan Hardware monitoring maka kamu dapat mengetahui suhu terkini komputer atau laptop kamu. Jadi jika laptop atau komputer kamu mencapai suhu 70-80 derajat cecius maka kamu dapat menghentikan kegiatan mining bitcoin sampai suhunya kembali normal.
Berapa hardware monitor yang bisa kamu gunakan :
  1. HWM Monitor
  2. Real Temp
  3. CPU Thermometer
  4. CPU TempWatch
  5. Sensors View Pro
8. Koneksi Internet
 
Koneksi internet digunakan untuk melakukan kegiatan mining bitcoin karena aplikasi miner bitcoin membutuhkan data agar bisa melakukan kegiatan mining. Usahakan gunakan jaringan dengan koneksi internet yang stabil.
Setelah hal hal di atas telah kita siapkan maka kegiatan mining bisa kita mulai untuk tutorial mining bitcoin silahkan baca di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *